Rabu, 01 Februari 2012

Penanganan Quality Control Prusahaan tempat Praktek Industri






PT. INDOFOOD CBP SUKSES MAKMUR TANGERANG BRANCH
Quality Control
Berikut ini adalah pengertian Pengendalian Mutu (Quality Control) menurut tiga orang ahli yang berbeda:
1. Menurut Noor Fitrihana Definisi Quality Control (pengendalian mutu) adalah semua usaha untuk menjamin (assurance) agar hasil dari pelaksanaan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan dan memuaskan konsumen (pelanggan).
2. Pengendalian kualitas (Quality Control) menentukan komponen-komponen mana yang rusak dan menjaga agar bahan-bahan untuk produksi mendatang jangan sampai rusak. Pengendalian kualitas merupakan alat bagi manajemen untuk memperbaiki kualitas produk bila diperlukan, mempertahankan kualitas yang sudah tinggi dan mengurangi jumlah bahan yang rusak (Reksohadiprojo, 1995).
3. Kualitas secara umum adalah membuat produk atau jasa yang tepat pada waktunya, pantas digunakan dalam lingkungan, memiliki zero defacts dan memusakan konsumen (pond,1994).



PT. INDOFOOD CBP SUKSES MAKMUR NOODLE DIVISION,adalah Perusahaan yang bergerak dibidang pangan yaitu mie instan,ada beberapa Brand yang dapat diproduksi di pabrik ini antara lain yaitu INDOMIE, SUPERMIE, SARIMI dan SAKURA. Perbedaan Brand tersebut didasarkan pada kualitas gizi dan bahan yang digunakan terutama tepung terigu.
Pada Setiap tahapan Proses Produksi, harus terdapat Department untuk menjaga kualitas mie yaitu QC (Quality Control ). Pada   PT. INDOFOOD CBP SUKSES MAKMUR NOODLE DIVISION,terdapat beberapa Pembagian divisi QC antara lain QC RM (Raw Material),QC Process, QC FG (Finish Good),masing masing Divisi memiliki tanggung jawab masing-masing,diantaranya :
1.     Quality Control Raw Material
Quality Control Raw Material (QC RM) adalah Divisi QC yang berkewajiban mengendalikan ataupun memeriksa barang datang atau barang yang akan digunakan untuk produksi / process pembuatan mie instan. Qc RM dibagi menjadi 2 yaitu QC Field dan QC Analist. QC Field bertugas memeriksa barang yang datang baik Organoleptik, jumlah ataupun Alat distribusi.Sedangkan Qc Analist bertugas memeriksa Secara kimiawi kandungan kimia pada tiap-tiap bahan yang akan digunakan untuk bahan pembuatan mie.  

2.     Quality Control Process
Quality Process adalah Divisi Qc yang bertanggungjawab mengawasi jalanya produksi mie. Qc Process juga dibagi menjadi 2 yaitu QC Field dan QC analist. Qc Field bertugas untuk memantau jalanya proses produksi dari mulai penuangan tepung hingga packaging. Qc Field juga bertugas mengambil sample untuk dianalisa kimia. Sample yaitu sample mie dan adonan. QC analist bertugas menganalisa kandungan kimia mie yaitu seperti Kadar lemak, Kadar air, dan FFA pada minyak yang digunakan pada Fryer.Qc analist juga menganalisa sample yang dikirim oleh limbah dan Boiler.
3.     Qualty Control Finish good
Quality Finish Good adalah Qc ang bertanggung jawab terhadap produk yang sudah siap untuk didistribusikan ataupun memeriksa mie dari luar atau CO-PACKING.Qc Finish good juga dibagi menjdi 2 yaitu QC field dan QC Rm. Qc Field hamper sama fungsinya seperti yang lain yaitu mengontrol produk dari produksi dan dari luar. Sedangkan Analistnya bertugas menganalisa kandungan kimia dari produk jadi dan produk yang tersimpan di Gudang

0 komentar:

Posting Komentar